Text
Keselamatan Pasien di Rumah Sakit
Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama membahas tentang pentingnya keselamatan pasien, bab kedua tentang organisasi keselamatan pasien, bab ketiga tentang kepemimpinan dan komunikasi dalam keselamatan pasien, bab keempat tentang sistem administrasi dan manajemen keselamatan pasien dan bab terakhir membahas tentang quality assurances of hospital.
Keselamatan Pasien di Rumah sakit merupakan unsur penting guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit sebagai bentuk implementasi dan refleksi sentuhan hasil kompetensi tenaga kesehatan, ketersediaan sarana prasarana layanan serta sistem manajemen dan administrasi dalam siklus pelayanan terhadap pasien. Bila bentuk keselamatan pasien hanya sering dianggap sebagai sebuah takdir yang tidak bisa dihindari sehingga mindset pasien dan keluarga serta tenaga kesehatan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan medis sudah tidak lagi menjadi krusial untuk terus menerus diperbaharui.
Keterbatasan fasilitas, minimnya tenaga kesehatan seperti dokter ahli dan sebagainya, financial ability, government policy menjadivariasi argumentasi yang berusaha menutupi kekurangan mutu pelayanan yang seharusnya diterima secara optimal. Dalam buku ini akan menjelaskan pentingnya keselamatan pasien, dampak akibat kelalaian yang dilakukan, sistem manajemen pengendalian keselamatan pasien serta hasil-hasil penelitian terkait faktor penyebab kelalaian tersebut serta solusi dalam pencegahan keselamatan pasien. Peran dari PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit seluruh Indonesia), Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dalam preventif dan kuratif keselamatan pasien tertuang dalam buku ini. Indikator Standar Pelayanan Minimal di RS, medication error di RS, Unsur patient safety teamwork (Tim KPP-RS)menjadi unsur penting dalam buku ini. Peran Kepeminpinan dan Komunikasi tentu menjadi pendukung dalam pemberian optimalisasi quality assurance di Rumah sakit.
Tidak tersedia versi lain