Text
Manajemen Keperawatan: Buku Praktis Bagi Perawat dan Tenaga Perawat
Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang konsep manajemen dalam perspektif keperawatan, bab dua tentang konsep manajemen asuhan keperawatan, bab tiga tentang rekrutmen & seleksi tenaga keperawatan, bab tiga tentang peranan dan fungsi manajemen, bab empat tentang gaya kepemimpinan, teori kepemimpinan, dan motivasi dalam kepemimpinan; bab lima tentang sistem informasi manajemen rumah sakit dan dokumentasi elektronik, bab enam tentang standar akreditasi rumah sakit (akrs)
Manajemen merupakan suatu pendekatan yang dinamis serta proaktif dalam menjalankan berbagai aktivitas di organisasi. Profesi perawat termasuk salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan dan jasa di tatanan instansi kesehatan seperti: rumah sakit, puskesmas dan praktik mandiri, sehingga dapat menyelenggarakan suatu pelayanan keperawatan yang berkualitas, untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas salah satu hal yang penting dibenahi di antaranya adalah sistem pengelolaan manajemen keperawatan yang di dalamnya mencakup POAC (plan, organizing, actuating, controlling) terhadap berbagai sumber daya yang tersedia. Manajemen keperawatan mempunyai lingkup manajemen operasional untuk merencanakan, mengatur dan menggerakkan perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dengan sebaik-baiknya kepada pasien (klien) melalui pengelolaan asuhan keperawatan.
Manajemen asuhan keperawatan adalah suatu kerangka kerja yang mendefinisikan keempat unsur: standar, proses keperawatan, pendidikan keperawatan dan sistem manajemen asuhan keperawatan profesional. Definisi tersebut berdasarkan prinsip- prinsip nilai yang diyakini dan akan menentukan kualitas produksi/jasa layanan keperawatan. Fungsi dari manajemen asuhan keperawatan untuk meningkatkan pelayanan, yang bertujuan untuk: meningkatkan asuhan keperawatan pasien atau konsumen, menghasilkan keuntungan institusi, mempertahankan eksistensi institusi, meningkatkan kepuasan kerja, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan menjalankan kegiatan sesuai dengan standar. Menurut JCHO (joint commission on acreditational helath care organization) terdapat 8 standar tentang asuhan keperawatan yang meliputi: menghargai hak-hak pasien, penerimaan sewaktu pasien masuk rumah sakit, observasi keadaan pasien, pemenuhan kebutuhan nutrisi, asuhan pada tindakan non-operatif dan administratif, asuhan pada tindakan operasi dan prosedur invasif, pendidikan pada pasien dan keluarga, pemberian asuhan secara terus menerus dan berkesinambungan.
Tidak tersedia versi lain