Karya Tulis Ilmiah
PENERAPAN BIBLIOTERAPI TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH ANNIDA AL-ISLAMY JAKARTA BARAT
Latar Belakang: Kecemasan merupakan kondisi dari pengalaman subjektif dari individu terhadap objek yang semu dan tidak spesifik akibat antisipasi yang memungkinkan individu melakukan tindakan untuk mengahadapi ancaman. Terdapat cara untuk mengurangi kecemasan seperti terapi seni, terapi hipnosis, terapi relaksasi, dan biblioterapi. Biblioterapi yang merupakan teknik komunikasi kreatif, dimana buku digunakan dalam proses terapeutik dan supportif. Buku dapat menjadi media terapi atau penyembuhan bagi penderita gangguan jiwa, kecemasan, trauma dan stres. Tujuan: Untuk mengetahui penerapan biblioterapi terhadap penurunan kecemasan pada siswa. Metode: Karya Ilmiah Akhir Ners ini menggunakan metode studi kasus pada 2 orang siswa yang mengalami kecemasan dengan menerapkan biblioterapi. Hasil: Setelah dilakukan biblioterapi selama 12 hari dengan durasi 15-20 menit, didapatkan hasil tingkat kecemasan menggunakan kuesioner tingkat kecemasan pada Nn. K dan Nn. W dengan hasil akhir terdapat perbedaan yang semula kecemasan sedang menjadi kecemasan ringan. Simpulan : Terdapat perbadaan skor penurunan kecemasan terhadap kedua responden yang dipengaruhi oleh frekuensi menggunakan biblioterapi selama 12 hari. Responden yang menggunakan biblioterapi dengan frekuensi lebih banyak akan mengurangi skor tingkat kecemasan.
Tidak tersedia versi lain