Skripsi
HUBUNGAN RESPON TIME TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ADJIDARMO RANGKASBITUNG
ABSTRAK
Latar Belakang: Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN dengan akumulasi kunjungan pasien ke IGD yang tinggi. Hal ini memerlukan perhatian yang besar salah satunya dengan memperhatikan Respon Time di IGD, yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan di Rumah Sakit. Respon time adalah waktu yang dibutuhkan pasien untuk mendapatkan pertolongan yang sesuai dengan kegawatdaruratan penyakitnya sejak memasuki pintu IGD. Kepuasan merupakan perasaan senang seseorang yang berasal dari perbandingan antara aktivitas dan kesenangan terhadap pelayanan dengan harapannya. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan Respon Time dengan tingkat kepuasan pasien di Ruangan Instalasi Gawat Darurat. Metode: Dengan menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan sampel sebanyak 111 orang. Hasil: Hasil uji statistik diperoleh P value 0,000 lebih kecil dari ? (0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara respon time terhadap kepuasan pasien di ruang instalasi gawat darurat RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung.
Kata Kunci : Instalasi Gawat Darurat, Respon Time, Kepuasan Pasien
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain